Thursday, December 4, 2014

BENARKAH ARB LEBIH UNGGGUL DARI TOKOH KMP LAIN ???



Mendengar rekaman pembicaraan Nurdin Khalid dalam perdebatan di layar televisi seusai Munas Golkar kubu ARB di Bali, saya teringat ucapan lucu di sebuah iklan  TV  “Aku ini berarti nggak sih ?”
Dalam iklan itu ada sepasang suami-isteri muda tengah asyik menonton pertandingan sepakbola favorit mereka. Tiba-tiba sang isteri memberi aplaus kepada pemain idolanya setelah berhasil menyarangkan bola ke gawang lawan.
Tanpa diduga sang suami marah. Rupanya ia cemburu. Sambil membelakangi isterinya ia mengomel, ternyata benar juga apa kata orang selama ini. Lalu, tiba-tiba ia berbalik badan lagi dan menukas pada isterinya : “Aku ini berarti nggak sih ?”.
Kaitannya dengan pembicaraan Nurdin Khalid, adalah ketika dalam analisis politiknya, ia menyimpulkan bahwa dalam kubu KMP sesungguhnya Golkarlah yang lebih menentukan daripada partai lainnya. Alasannya, karena Golkar sebagai partai besar memiliki lebih banyak kursi di DPR dari yang lainnya. Sedang dalam tubuh Golkar sendiri hanya ARB yang dianggap lebih mampu memimpin partai ini ke depan.
Akan halnya di lingkungan Golkar, biarlah orang-orang Golkar sendiri yang menilai. Tetapi klaim bahwa Golkar lebih menentukan dalam KMP, agaknya masih dapat diperdebatkan. Karena masalah siapa yang lebih berperan, tidak dapat hanya dengan melihat jumlah kursinya. Tetapi juga faktor ketokohan dan kharisma dalam organisasi.
Dalam blog ini saya pernah menulis, bahwa tanpa Prabowo Subijanto, Ketua Umum Gerindra, KMP akan buyar. KMP memperoleh kekuatan dari kharismanya. Hal itu ditandai pula dengan penyebutan kubu Prabowo untuk KMP.
Demikian juga tokoh Amien Rais, Ketua Dewan Pertimbangan Partai PAN yang penulis yakini sebagai tokoh brilian perancang strategi politik KMP selama ini, agaknya ikut diremehkan. Padahal Golkar baru bergabung ke kubu Prabowo pada saat-saat terakhir setelah ARB  kebingungan, setelah bertemu Jokowi di Pasar Gembrong dan ditolak PDIP karena terlalu banyak syaratnya. ***

No comments:

Contact Form

Name

Email *

Message *