Wednesday, July 8, 2020

Tertarik Menjadi Jurnalis ?


Persiapan dan Pelaporan


Ketika akan melakukan tugas sebagai wartawan, seseorang perlu mempersiapkan diri sebaik-baiknya. Pertama-tama, tentu kesehatan harus diperhatikan. Karena pekerjaan wartawan menuntut kemampuan. Bukan saja mental tapi juga fisik. Apalagi kalau meliput suatu kejadian seperti gempa bumi, kebakaran hutan dsbnya. Wartawan seringkali harus berpindah-pindah lokasi mengamati dan  mengambil foto di tempat yang berbeda. Ia perlu memiliki alat transportasi yang baik. Ia harus kesana-kemari mengejar-ngejar orang-orang yang dianggap paling dekat dan mengetahui tentang peristiwa itu.
Untuk itu wartawan perlu sarapan dulu. Kalau tidak, nanti bisa masuk angin. Peralatan yang dibutuhkan sudah disiapkan. Kalau hari itu akan lebih banyak tugas lapangan, perlu memakai sepatu yang kuat. Sedang kalau mau wawancara dengan seorang tokoh sebagai nara sumber, cara berpakaian yang pantas juga harus diperhatikan. Misalnya dalam acara kenegaraan. Seringkali para tamu termasuk wartawan diminta menggunakan pakaian resmi, jas atau setidak-tidaknya pakai dasi untuk pria.

Berpakaian yang rapih dan pantas dapat membuat si wartawan menjadi lebih percaya diri ketika berhadapan dengan orang lain. Disamping itu nara sumber yang dihadapi juga merasa dihargai.
Persiapan yang lebih penting lagi adalah menyiapkan  catatan pokok-pokok pertanyaan sesuai target yang ingin dicapai. Tentu saja pertama-tama ke enam unsur berita 5 W 1 H seperti telah diuraikan.
Kalau waktu wawancara sudah diperjanjikan, wartawan tidak boleh datang terlambat. Paling tidak sudah datang kurang lebih sepuluh menit sebelum wawancara. Dia memerlukan istrahat sejenak sambil menyesuaikan diri dengan kondisi lingkungan. Jadi tidak datang tergesah-gesah, masih berkeringat, terus mau wawancara.
Apabila belum ada janji wawancara sebelumnya, si wartawan dapat menulis catatan singkat mengenai identitas dirinya sebagai wartawan dari media mana dan maksudnya berwawancara mengenai suatu hal. Apakah punya waktu pada saat itu untuk wawancara. Catatan tsb dapat disampaikan melalui stafnya.
Ada kemungkinan dapat diterima saat itu. Tetapi kalau sedang sibuk si nara sumber akan menjadwalkan waktu yang lain. Atau bisa juga akan merekomendasikan menemui pejabat lain yang dianggapnya kompeten.
Dengan kemajuan teknologi sekarang, maksud untuk melakukan wawancara itu bisa disampaikan melalui telepon atau SMS, apalagi kalau si nara sumber sudah dikenal sebelumnya.
 Pelaporan
          Karya berita wartawan harus segera disampaikan ke media mitra untuk segera disiarkan. Salah satu unsur penilaian suatu berita adalah kecepatan waktu penyiaran. Si wartawan maupun perusahaan media selalu berharap dan berusaha agar merekalah yang paling terdahulu menyiarkan suatu berita. Apalagi kalau peristiwa besar, sebagai suatu berita ekslusif.
         Kalau berita itu tersiar juga pada media lain pada waktu yang sama, sifatnya tidak lagi ekslusif. Apalagi kalau lebih lambat dari media lainnya. Dikatakan sudah jadi “berita basi”. Mungkin tidak dimuat lagi, atau kalaupun dimuat mungkin sudah dipotong-potong hanya menjadi berita kecil saja. Dan honorarimnya juga menjadi tidak seberapa.
       Dengan demikian suatu naskah berita harus secepatnya disusun. Dan itulah pentingnya kita menyiapkan rencana pokok-pokok berita yang akan disusun, sudah berpengalaman dalam merangkaikannya menjadi sebuah berita yang utuh kemudian menyampaikan segera  redaksi media.
Perlu diingatkan kembali agar si wartawan sudah harus menyesuaikan penulisan naskahnya dengan sistim komputer yang biasa dipakai pada media mitranya.
      Dengan XL kah, Microsof Word kah, atau yang lainnya. Demikian juga jenis dan besar kecilnya huruf serta panjang naskah. Dengan demikian redaksi media tidak repot-repot lagi dan memerlukan waktu lagi untuk meng-edit naskahnya. Bila berupa rekaman video yang berisi wawancara langsung ataupun gambar, dapat langsung dikirim melalui internet denga menggunakan Laptop, WA dengan telepon  genggam, e-mail atau alat komunukasi lainnya..
    Perkembangan teknologi sekarang memungkinkan penyampaian naskah berita bisa lebih cepat. Seperti melalui internet  dengan e-mail atau WA sangat membantu.  ***



No comments:

Contact Form

Name

Email *

Message *