Friday, December 18, 2009

INI KAWAN BUNG ..............!!!

10. Ceritera pengalaman sendiri :

Pada saat terjadi aksi-aksi menentang dominasi produk-produk import khususnya produk Jepang tahun 80-an, terjadi kerusuhan dan pembakaran di mana-mana. Suasana Ibukota sangat mencekam. Semua orang takut menggunakan kendaraan merek Jepang di jalan-jalan. Jam malam diberlakukan.

Nah, malam itu saya mendapat tugas di percetakan. Dari kantor di Jalan Kramat VIII (sekarang Jalan Jamrut) ke percetakan koran di Pulo Gadung Jakarta Timur harus melewati jalan depan kampus UI Salemba. Kendaraanku motor Jepang, sedang kendaraan umum tidak ada satu pun. Terpaksa dan agak nekat karena tugas, jam 23.00 malam itu aku berangkat juga.

Kampus UI memang jadi pusat konsentrasi massa aksi saat itu siang dan malam. Semua lampu dalam kampus dimatikan sehingga nampak menyeramkan. Sebaliknya lampu natrium di jalan terang-benderang. Kontan saja, ketika aku lewat aku diteriaki dari dalam. "He..,he.....stop ! stop......!." Kujawab sambil melambaikan tangan, " Kawan..! kawan.....!". " Ya, kawan......terus......!", jawaban dari dalam kampus. Aku lolos.

Tapi sampai di perampatan Matraman, aku distop karena melanggar jam malam oleh pasukan tentara yang ber pos di tenda. Mengerikan ! Aku sempat melihat sebuah pick up yang penuh
tubuh orang berdarah-darah. Mungkin sudah meninggal. Beruntung aku diijikan melanjutkan perjalanan dan tiba dengan selamat di percetakan.

No comments:

Contact Form

Name

Email *

Message *