Friday, December 18, 2009

KALAU DUA RAJA BERSAING

13. Ceritera rakyat sebelum Zaman Penjajahan :

Di sekitar daerah perbatasan Provinsi Sulawesi Selatan dan Sulawesi Tengah sekarang, dahulu terdapat dua kerajaan, yaitu Kerajaan Luwu dan Kerajaan Mori. Kedua rajanya sering bersaing, saling adu teka-teki dan bahkan kadang-kadang perang. Meski begitu pada saat damai, mereka masih saling menjaga tata krama dan saling menghormati.

Suatu waktu Raja Mori mengirim pesan bahwa di kerajaannya setiap rakyat melaksanakan pesta, setelah selesai semua alat makan minum dibuang. Mampukah itu dilakukan di kerajaan Anda ? Mendengar itu raja Luwu tak mau kalah lalu memerintahkan dilaksanakan hal yang sama di seluruh kerajaannya. Piring-piring keramik, alat minum dan tempayan-tempayan keramik dihancurkan selesai pesta. Termasuk dalam pesta di keraton.

Baru dihentikan setelah didapat kabar bahwa orang Mori kalau mengadakan pesta (saat itu) menggunakan serba daun dan bambu. Daun jadi piring, alat minum dibuat dari bambu yang disebut "suke" dan tempat minuman dari bambu besar.

Tapi suatu ketika, raja Mori pun berhasil diperdaya oleh Raja Luwu. Ketika mereka makan bersama dijamu Raja Mori di istananya, tiba-tiba lampu damar mati. Sebagai tuan rumah Raja Mori bangkit menyalakan lampu. Oleh Raja Luwu, ini dianggap sebagai pekerjaan pelayanan terhadap tamunya. Jadi yang dilayani lebih tinggi martabatnya. Dan untuk itu maka Raja Mori wajib membayar upeti kepada Raja Luwu.

No comments:

Contact Form

Name

Email *

Message *