Sunday, December 27, 2009

MENIPU, PURA-PURA MAU BELI RUMAH !

Hati-hati dengan orang belum dikenal yang datang bertamu ke rumah Anda. Demikian hikmah yang dapat diambil dari pengalaman seorang teman di daerah Tamansari, Ciapus Kabupaten Bogor yang menjadi korban penipuan.

Siang itu dua orang yang seperti suami isteri, bertamu dan menyatakan berminat untuk membeli rumah yang tengah ditawarkan untuk dijual. Mereka minta ijin untuk dapat melihat-lihat kondisi dalam rumah tsb. dan diantar sendiri oleh teman tsb karena isterinya sedang sibuk di dapur dan ketiga anak mereka semuanya sedang tidak ada di rumah. Kemudian dilanjutkan dengan musyawarah di ruang teras.

Ketika sedang asyik bercakap-cakap, tamu yang perempuan minta ijin untuk ke kamar kecil. Karena perempuan itu nampak seperti orang baik-baik, ia dibiarkan saja masuk ke dalam rumah tanpa pengawasan.

Teman tsb. baru sadar telah tertipu, sekitar tiga jam sesudah sepasang "suami-isteri" itu pergi, ketika mencari kamera digital yang baru dibeli dengan harga lebih dari satu juta rupiah telah tidak ada lagi di atas meja rias di kamar tidur. Janji bahwa kedua orang itu akan datang lagi beberapa jam kemudian bersama orangtuanya, ternyata hanya tipuan belaka.

Rupanya permintaan ijin untuk melihat-lihat kondisi rumah, hanya alasan untuk mengamati barang berharga apa yang dapat digaet dan disembunyikan dengan mudah tanpa menimbulkan kecurigaan tuan rumah.

Taktik mereka, salah seorang mengajak tuan rumah mengobrol. Dan ketika mereka lihat penghubi rumah lengah atau tak ada yang mengawasi, salah seorang minta ijin ke kamar kecil, padahal hanya akal-akalan saja untuk masuk dalam rumah dan mengambil barang berharga.

Ciri-ciri kedua orang ini, sekitar usia 30 - 50 tahun, yang perempuan bertubuh gemuk kulit agak putih, muka bulat, sedang yang laki-laki tinggi kl. 160, muka lonjong dan rambut agak keriting. Kedua-duanya selalu memakai jaket (mungkin agar mudah menyembunyikan barang kecil-kecil yang berharga seperti HP atau kamera) dan memakai sepeda motor.

Maka berhat-hatilah, dan laporkan kepada yang berwajib bila kedatangan pasangan penipu
ini, terutama di daerah Bogor dan sekitarnya.

No comments:

Contact Form

Name

Email *

Message *