Sunday, July 27, 2014

JURNALIST SUKSES (2) : KURANG LENGKAP NIH...


       Pernahkah Anda membaca atau mendengar suatu berita besar yang menggemparkan banyak orang tapi penasaran karena banyak hal yang Anda masih ingin tahu tapi tak terpuaskan ????  Katakan misalnya berita"Pemain andalan Brazil, Neymar,  yang patah tulang belakang". Kalau hanya itu informasinya Anda kecewa dan penasaran bukan ? Tentu anda ingin tahu lebih banyak. Mengapa, kapan, di mana, bagaimana terjadinya.
     Nah, penasaran semacam ini  bukan sedikit kita rasakan ketika mengaksikan tayangan  berita di media Ibarat makanan tanpa garam, hambar. Hal ini bisa jadi karena mungkin jurnalistnya kurang kreatif mengembangkannya atau malas. Akibatnya kita akan segera beralih ke saluran TV lain atau media lain yang kita ketahui biasanya penyajian beritanya lebih lengkap dan menarik penyajiannya.
         Dan supaya Anda tidak ikut-ikutan membuat pengecewaan serupa di masa mendatang, maka Anda juga mesti tahu rumus hafalan yang sama diamini para jurnalist di seantero bumi ini sejak jaman dahul kala, yaitu (meminjam bahasa orang luar) : 5 W + 1 H. W pertama What ( Apa yang terjadi), W kedua Who (Siapa-siapa yang telibat/mengalami); W ketiga When (kapan terjadinya), W keempat  Where (Dimana terjadinya), W kelima Why (Mengapa terjadi ). Dan H dari  How (Bagaimana terjadinya. ).

No comments:

Contact Form

Name

Email *

Message *