Sunday, September 30, 2018

Kominfo Sempat Kirim SMS Peringatan Tsunami ke Warga Palu



       Jakarta – ( Minggu, 30/9)      "Kominfo bersama dengan BMKG menyiarkan broadcast pakai SMS pada saat awal. Tapi setelah itu mati sinyalnya nggak ada lagi, tapi awal awalnya SMS jadi nggak pakai 4G, pakai 2G semua. ajadi yang telepon lama walau belum 4G bisa menerima semuanya. Broadcast mengenai adanya gempa yang diikuti tsunami," demikian  kata Menkominfo Rudiantara, di Monas, Jl Medan Merdeka Timur, Jakarta Pusat, Minggu (30/9/2018).

   Katanya masyarakat Palu, Sulawesi Tengah sudah mengetahui mengenai peringatan gempa bumiI berpotensi tsunami. Rudiantara menyebut Kominfo bekerjasama dengan BMKG mengirimkan pesan tersebut melalui SMS broadcast.
      Ia mengatakan pada saat kejadian diperkirakan masyarakat sudah menerima informasi tersebut melalui broadcast. Karena sebelumnya Base Transceiver Station (BTS) tidak banyak yang rusak.
      Saat itun BTS nya tidak semua rusak. Tapi sekarang sudah lebih 500 rusak.
Saat ini masih ada yang belum bisa berkomunikasi. Namun  rumah di depan dinas Gubernur Sulawesi Tengah yang dijadikan posko masih terdapat sinyal.
       Di depan kediaman gubernur itu 4G-nya  masih berfungsi karena di daerah situ ada BTS yang listriknya masih ada, tapi jaraknya mungkin 500 meter setelah itu hilang lagi," kata Rudiantara.

No comments:

Contact Form

Name

Email *

Message *