Saturday, January 18, 2020

MEWASPADAI DAMPAK NEGATIF PENGEMBANGAN TANAH MORI


Disamping senang dengan rencana pengembangan Tanah Mori di Kabupaten Morowali Utara dan Morowali Raya Propinsi Sulawesi Tengah sebagai dampak akan dibangunnya ibukota negara yang baru di Kalimantan Timur, timbul pula rasa cemas akan timbulnya dampak negatif  akibat pengembangan tersebut, khususnya kerusakan lingkungan.
Makanya jauh-jauh hari sebelum itu terjadi aparat Pemerintahan di daerah, para tokoh masyarakat bahkan seluruh warga Mori perlu waspada agar kerusakan itu tidak terjadi. Mulai dari warga Mori sendiri yang mendisiplinkan diri dan setelah itu mencegah dan melawan setiap kegiatan atau usaha yang berpotensi menimbulkan kerusakahn lingkungan.
Jangan herndaknya terjadi kerusakan seperti yang banyak dapat disaksikan  di Pulau Jawa bahkan di Ibukota Jakarta sendiri saat ini. Sungai-sungai airnya menghitam lebam berbau, samasekali tak bisa digunakan lagi. Sampah-sampah bertebaran mencemari tempat-tempat wisata.
Sungai Laa yang mengalir dari hulu di Uluanso Tua  melewati kampung-kampung Kumpi Tua, Undoro, Beteleme, Tompira sampai bermuara di Lingkobu Kolonodale, jaman dahulu merupakan sarana lalulintas  rakit orang Mori mengangkut  damar dan rotan, dua komoditi niaga yang sangat menguntungkan pada masanya.
Kota Tompira yang sudah sangat terkenal dengan meti (kerang)nya, yang segar maupun yang sudah dikeringkan, adalah berkat yang didapat dari dasar sungai Laa. Bukan itu saja. Keindahan panorama di sepanjang sungai Laa jaman dahulu pernah dipuji dan dikagumi para ahli peneliti dan pengeliling dunia sebagai “belum pernah kami lihat sebelumnya”, dikutip dari buku “Het Rjik van Mori” oleh Albert C. Kruyt (terjemahan Yayasan Idayu) di bawah ini.
Sayang kalau nasib sungai Laa akan seperti sungai-sungai menghitam di Jakarta. Yang perlu diwaspadai terutama pembanguan pabrik-pabrik, pertambangan di hulu yang akan menghasilkan sisa buangan  berbahaya dan mencemari sungai harus dicegah.
 

No comments:

Contact Form

Name

Email *

Message *