Thursday, April 8, 2010

Tuhan juga humoris ?

Seorang Pastor menulis sebuah buku bahwa Tuhan dalam Alkitab ternyata juga humorist. Salah satu contoh yang dikemukakan dalam penelitiannya adalah kisah Nabi Yesaya ketika menantang raja Ahab yang penyembah berhala. (1 Raja-Raja 18 ).

Raja ini menuduh nabi Elia pembawa bencana bagi Israel. Tapi Nabi menjawab bukan dia, tetapi rajalah beserta keluarganya.

Lalu Elia menantang raja untuk sama-sama membuktikan mana Tuhan yang benar dengan disaksikan rakyat Israel. Ia minta raja mengumpulkan seluruh nabi-nabi dewa Baal-nya di Gunung Karmel. Biarlah nanti ia, Nabi Elia dan para nabi Baal itu masing-masing mempersembahkan korban bakaran. Tapi api yang membakarnya harus berasal dari ilah yang mereka sembah. Nabi yang tidak berhasil harus dihukum mati.

Para nabi Baal semuanya 850 orang dipersilahkan terlebih dahulu. Dari pagi sampai tengah hari mereka berteriak-teriak sambil menoreh-noreh tubuh merekadengan pedang dan tombak memohon kepada sang dewa agar menurunkan apinya. Tapi tak kunjung ada jawaban.

Lalu Elia mengejek : "Panggillah lebih keras, bukankah dia allah? Mungkin ia merenung, mungkin ada urusannya, mungkin ia bepergian; barangkali ia tidur, dan belum terjaga."
Mereka berteriak lebih keras sambil berjingkrak-jingkrak, tapi tak ada jawaban juga.

Pada sore hari ganti Elia yang melakukan persembahan. Dan setelah berdoa, api turun dari langit dan membakar habis seluruh persembahan itu berikut air di sekelilingnya. Setelah melihat itu, rakyat sujud menyembah dan berseru : "TUHAN, Dialah Allah ! TUHAN, Dialah Allah".

Seluruh nabi-nabi Baal itu akhirnya ditangkap oleh rakyat yang membunuh mereka di sungai Kison.

No comments:

Contact Form

Name

Email *

Message *