Tuesday, December 18, 2018

MENYERAH PADA LALAT PUTIH .

Pupus sudah niat mau berdikari dalam hal sayur-mayur dan bahan dapur dari tanaman pot sendiri untuk keperluan rumah tangga sehari-hari. Tadinya, bila berkembang baik, akan disarankan pula kepada para tetangga, teman-teman kerabat. Bahkan bila hasilnya melebihi kebutuhan konsumsi sendiri, kelebihannya dapat ditawarkan pada para pedagang pasar.

Tapi, ya itulah. Pagi ini semua dicabut dan dibuang ! Mau disayur, hawatir bintik- bintik putih di bawah daun kangkung, bayam dan pokcoy itu mengganggu kesehatan kami nantinya. 

Rak-raknya pun dibongkar. Ini semua gara-gara si lalat putih mungil dan kawan-kawan. Tubuh mereka hanya beberapa mili. Hanya karena warna mereka putih maka dapat terlihat ketika mereka terbang menghambur kayak kapur diterpa angin sewaktu dedaunan sayuran itu disentuh.
Sudah brp buku pertanian dibeli untuk cari tahu obat mujarab apa yg manjur mandraguna menghadapi para pengacau liar ini. 

Sdh berapa saran dari orang-orang pinter di internet yg kubaca lalu kucoba. Tapi lagi-lagi gak mempan. Mereka datang dan datang lagi.

Takut obat-obat hama itu ikut-ikut terbawa sampai ke piring sandiri, maka upaya perlawanan dihentikan. Usaha sayur-mayur stop dulu untuk sementara waktu. Perlu tambah ilmu lagi atau study banding.

No comments:

Contact Form

Name

Email *

Message *