Sunday, December 27, 2020

HADIAH NATAL ”PERWIRA KAPERNAUM”

     Beberapa hari menjelang perayaan Natal 25 Desember 2020, Presiden Jokowi melakukan penggantian menteri-menterinya. Seorang diantaranya adalah Yaqut Cholil Qoumas, yang saat ini masih menjadi Ketua Umum Gerakan Pemuda Ansor. Ia diangkat menjadi Menteri Agama.

    Sudah menjadi pengetahuan umum bahwa organisasi di bawah NU ini selama ini dikenal akrab dengan umat Nasrani atau Kristen. Sering kali, ketika umat Kristen merasa dizolimi atau teraniaya, anggota-anggota Banser (Bantuan Serba Guna) yang menjadi bagian dari GP.Ansor  tampil membela.

Bukan hanya ketika gereja-gereja diancam serangan bom tetapi juga dalam kebebasan beribadah. Seperti tahun-tahun sebelumnya, pada perayaan Natal tahun inipun Banser tetap mendampingi pihak kepolisian dan TNI dalam pengamanan.

     Maka tak heran kalau umat Kristiani di Indonesia bergembira dengan penunjukan Ketua Umum GP Ansor ini sebagai Menteri Agama. Terlebih ketika sesaat setelah ia dilantik,  ia  mengumumkan tekadnya untuk menjadikan Kementerian Agama menjadi kementerian bagi semua agama di negeri ini. Lalu ketika perayaan Natal tengah berlangsung di gereja-gereja, ia berkeliling mengunjungi dan mengucapkan selamat Natal kepada tokoh-tokoh gereja dan jemaat, sambil mengecek kepatuhan atas pelaksanaan protokol kesehatan.

Rasanya tidak salah kalau ada yang mengatakan bahwa Tuhan telah mengirimkan “hadiah Natal” seorang yang baik terhadap umat Kristiani di Indonesia. Seorang yang kepribadiannya mirip-mirip dengan perwira  Kapernaum yang selalu membantu orang-orang Yahudi bahkan membiayayi pembangunan rumah Ibadah mereka. Padahal ia adalah perwira Romawi , kerajaan yang tidak selalu baik kepada orang-orang Yahudi.

Kalau perwira Romawi ini hanya membawahi pasukan sekitar setingkat kompi, maka Yaqut saat ini masih mengepalai organisasi yang beranggotakan jutaan orang. ***

  

No comments:

Contact Form

Name

Email *

Message *