Wednesday, July 18, 2018

PIALA DUNIA 2018 USAI, KINI BALIK KE DIRI SENDIRI


      Ya, Piala Dunia 2018 telah usai dengan Juara Dunia Perancis. Kroasia negara kecil  yang baru berdiri sendiri merenggut Juara Dua menyusul Belgia juara Tiga.
      Negara-negara yang selama ini merajai dunia sepakbola seperti Inggeris, Jeman, Italia, Brasil, Argentina dsan Spanyol, mendadak hilang dari daftar juara tahun ini.
    Inggris yang dikenal dengan Liverpool, Manchester United, Manchester City, Nottingham Forest fc., Arsenal dan lain-lain, seperti tak ada bekas-bekasnya. Juga Jerman dengan kesebelasan FC Bayern Munchen, atau di Italia seperti AC Milan, Inter Milan, di Spanyol Real Madrid dsnya.
     Kenyataan membuktikan bahwa negara-negara yang tadinya tak diperhitungkan dapat menggulingkan negara-negara kampiun di sepakbola dunia. Sehingga bukan tidak mungkin Indonesia suatu ketika juga bisa berbuat sama.
    Kita telah menyaksikan permainan-permainan cantik yang demikian mempesona dari pemain-pemain bola proffesional dunia yang tarifnya jutaan dollar, - yang begitu menjaga sportivitas dan teknik-teknik mereka bermain yang taktis.
   Agak risih juga apabila kita kembali melihat  ke arena persepakbolaan kita di Tanah Air saat ini. Kebetulan sedang berlangsung pertandingan-pertandingan Piala Presiden 2018  dan laga Piala AFF U-19 yang melibatkan putra-putra Indonesia di bidang sepakbola.
    Kalau para pertandingan-pertandingan Piala Dunia kita menyaksikan sportivitas, dimana sangat sedikit pelanggaran-pelanggaran yang berpotensi membahayakan sesama pemain, maka di kita nampak begitu banyak terjadi pelanggaran-pelanggaran, benturan-benturan, gat-menggaet kaki, cengkang-mencengkang. Sebentar-sebentar terjadi pelanggaran, yang membuat wasit harus meniup peluit menghentikan sejenak pertandingan, memberikan kartu kuning dsnya, sehingga agak menyebalkan penonton.
    Penonton ingin melihat permainan yang cantik, teknik dan strategi permainan yang jitu, oper-operan bola yang mantap, kerjasama yang baik dan bermain sportif terhadap sesama pemain lawan.
    Diakui memang akhir-akhir ini sudah banyak kemajuan dan itu dapat lebih ditingkatkan lagi. Mudah-mudahan dalam laga Asian Games nanti, Indonesia bisa membuktikan diri mampu dan bisa menjadi juara Asia. Kalau itu sudah, barulah kita boleh bermimpi mau  Juara Dunia. ***

No comments:

Contact Form

Name

Email *

Message *