Saturday, July 7, 2018

KITA SDH DEKLARASIKAN NEGARA MARITIM. SAATNYA DEKLARASIKAN KESELAMATAN MARITIM !!.

                                      (Bagian I )
Ya, sekarang kita telah deklarasikan Indonesia jadi Negara Maritim. Bahkan mau jadi poros maritim dunia (!) Menko Maritimnya sdh ada. Yg belum ada, banyak. Ada yg nendesak, ada yg masih bisa disiapkan bertahap.
Yg mendesak itu terutama KESELAMATAN MARITIM. Apalagi kita juga sedang menjajakan diri sebagai Negara Tujuan Wisata Dunia.
Bagaimana wisata laut seperti Raja Ampat, Danau Toba, Danau Poso di Tentena yg pernah dikagumi Presiden ketiga kita Bpk. JB.Habibie masih bisa tetap berani dikunjungi / dibanjiri wisatawan ?
Saatnya upaya-upaya pencegahan kecelakaan laut mendapat prioritas. Diantaranya mungkin dengan membentuk satuan khusus semacam "Coast Guard" yg khusus memantau situasi keamanan pantai secara terus-menerus. Terutama pada siang hari / sore dan ramai-ramainya pergerakan penduduk seperti arus mudik/balik Lebaran hari-hari ini.
Mereka dilatih khusus untuk pertolongan tanggap cepat menyelamatkan nyawa manusia, entah dari hewan laut buas, perahu terbalik, peselancar hilang dan kecelakaan fataal seperti yg baru terjadi.
Mereka perlu dilengkapi dengan peralatan yg memadai. Adanya helikopter untuk tiap satuan, rasanya bukan menjadi barang mahal lagi untuk tugas, tanggungjawab menyelamatan nyawa manusia yg setiap saat bisa terancam.
Secara organisasi mereka boleh di bawah koordinasi Badan Penanggulangan Bencana BASARNAS Pusat/Daerah.
Atau independen sekalian dan semua perwakilan alatnegara di sekitarnya diwajibkan ikut membantu dengan segera saat mengetahui ada musibah laut terjadi.***

No comments:

Contact Form

Name

Email *

Message *