Saturday, February 10, 2018

UPAYA PENYELAMATAN DRAMATIS



 fase 1
S.O.S. !!!!
Dua orang sudah 7 jam tertimbun tanah dalam mobil dekat Bandara Suta, Jakarta. Tujuh jam Basarnas berjuang menyingkirkan beton 20 ton yg menindih mobil, tapi tak kunjung berhasil. Tiga eskalator juga tak kuat. Mereka butuh crane.
Siapa yg memiliki crane segeralah bertindak ! Infokan ke Basarnas atau via media tv kesediaan anda untuk untuk segera datang menolong. Berlomba dengan waktu dan cuaca buruk untuk menyelamatkan 2 nyawa.
Kemana Mentri PU atau para kontraktor besar2 itu ? Apa harus ada perintah Presiden dulu ?? Dan penguasa Jakarta, gak datang lihat warganya yg tengah terkubur hidup-hidup ?***


fase 2:
Sdh 8 jam Basarnas berjuang, tapi belum berhasil.
Bagaimana kalau tanah2 dekat pintu mobil tempat korban dapat dijangkau, disingkirkan, kemudian pintu dilepas/digergaji besi trus korban dapat dibantu keluar. Kalau perlu busa2 jok disingkirkan/dicabik2 untuk bisa memberi ruang lebih besar pada korban. Kalau perlu dan bisa, kursi dilepas/dbuka bautnya/digergaji.
Kalau korban masih ada kekuatan, mungkin bisa dibantu dengan mengulurkan tali besar atau kain panjang untuk diminta dipegang erat oleh korban kemudian ditarik pelan2 keluar. Kalau ada anggota tubuh yg terjepit agar disingkirkan dulu. Kiranya Tuhan menolong ! ***
          
  fase 3 :
Operasi penyelamatan yg rumit dan lama ini akhirnya berhasil juga. Senyum senang tim evakuasi yg bekerja semalaman nampak sejenak . Hanya sejenak, karena beberapa saat kemudian ada kabar salah satu korban yg mereka selamatkan itu akhirnya meninggal juga. Terlalu lama tertimbun.
Sebelumnya ketika sudah 8 jam berjuang tanpa hasil, aku coba posting saran alternatif. Dan entah sama pemikiran, Kepala Basarnas setelah itu memimpin sendiri upaya evakuasi persis sama seperti yg kusarankan. Tak lama , ternyata berhasil.
Sayang, Putri yg diselamatkan pertama akhirnya tak tertolong nyawanya dalam perawatan lanjut di RS. Namun is telah berjasa berupaya bertahan memberi informasi melalui HP keberadaan mereka sehingga segera dapat dilakukan upaya pertolongan. Dengan itu almarhumah juga telah ikut menyelamatkan temannya Mutmainah. Kiranya rohnya mendapat tempat yg layak dan keluarga diberi ketabahan.Amin. ***
----------------

No comments:

Contact Form

Name

Email *

Message *