Tuesday, January 26, 2010

TEBAR PESONA MILIK SIAPA ?

Pada kampanye Pemilu Presiden 2009 yang lalu setiap calon menciptakan motto-motto atau
yel yang selalu diteriakan bersahut-sahutan pada saat-saat kampanye. SBY-Boediono misalnya mengusung motto "Bersama Kita Bisa", mirip=mirip " Yes We Can"-nya Partai Demokrat Amerika Serikat.

Dari pihak Ibu Mega-Prabowo populer kata "Tebar Pesona", yang nampaknya dipakai bukan untuk menyemangati konstituennya, tapi lebih cenderung menyindir calon Presiden SBY di kala itu. Hal ini nampaknya memang sempat membuat SBY agak serba salah. Kalau tampil mau berbuat atau mengucapkan kata-kata yang menyenangkan rakyat di bilang mau tebar pesona.

Rupanya rangkaian kata ini dirasakan kubu SBY-Boediono cukup effektif, karena sadar atau tidak, mereka juga acapkali coba menggunakannya untuk serangan balik. Tapi Ibu Mega dengan cepat mengingatkan, janganlah menjiplak ciptaan orang lain. "Itu kan ciptaan saya.....!". katanya. "Kalau sudah tak sanggup mencipta, cari saja di kamus, he he he..." dia menganjurkan.

Dari kubu JK-Wiranso, Jusuf Kalla memasarkan motto "Lebih cepat lebih baik", sebuah motto ibarat pisau bermata dua. Di satu pihak memang dapat memotivasi setiap orang maju dan kreatif, tetapi dilain pihak sekali gus juga menyindir SBY yang oleh banyak kalangan dianggap terlalu lamban mengambil keputusan dan bertindak.

Sindiran ini lebih dipertajam lagi oleh Wiranto ketika mengatakan, "gaya Pak JK seperti layaknya komandan militer yang harus cepat mengambil keputusan dan bertindak". Dan "ini sangat cocok dengan saya", mantan Panglima TNI itu menambahkan.

Agaknya motto JK ini tetap awet berlaku di masyarakat. Baik di kalangan pejabat-pejabat pemerintah maupun politisi. Bahkan ketika diperiksa Pansus DPR pun, dalam kasus Bank Century beberaoa waktu lalu, JK masih sempat menampilkan motto ini, ketika kepadanya dimintakan persetujuannya mengenai perpanjangan waktu sidang. "Lebih Cepat Lebih Baik !", katanya disambut tepuk tangan peserta sidang.

No comments:

Contact Form

Name

Email *

Message *