Tuesday, January 26, 2010

DEBAT KUSIR DI LAYAR TELEVISI

Berdebat di layar televisi nampaknya kini lagi trend. Baik tokoh-tokoh yang dianggap "tahu banyak" maupun pembawa acara, nampak penuh semangat.

Hanya sayang, kerapkali diskusi menjadi seperti layaknya debat kusir di warung kopi. Menjadi menyebalkan pemirsa televisi. Lebih-lebih menyaksikan ulah pendebat yang nampaknya tak mempunyai dasar debat yang kuat.

Untuk menutupi kelemahannya, kerap kali mereka mencoba mengalihkan pembicaraan ke masalah yang "remeh teme", menghindar dari topik yang sedang dibahas dengan mengarang sendiri motivasi lawan debatnya, atau merendahkan pendapatnya.

Sering kali pula mereka memotong-motong pembicaraan lawan diskusinya yang sedang serius menguraikan pendapatnya , membuat "berisik", sehingga mengganggu konsentrasi para pemirsa.

Dalam ilmu komunikasi, hal ini memang dimaksudkan untuk mengganggu komunikasi agar buah pikiran lawan bicaranya tidak terserap oleh akal pikiran para pemirsa. Cara ini tergolong curang, perbuatan hanya mementingkan diri sendiri dan mengurangi hak orang banyak memperoleh informasi yang baik dan lengkap.

No comments:

Contact Form

Name

Email *

Message *