Tuesday, January 5, 2010

GITU AJA KOQ REPOT.......

Humor 14 : Komentar

Rangkaian kata-kata diatas sudah umum diketahui sebagai miliknya almarhum KH.Abdurrahman Wahid yang lebih akrab disapa Gus Dur.

Meski kita bersepakat kata-kata diatas hanya guyonan, dan sering dipinjam oleh banyak orang (tanpa ijin tentunya), namun sesungguhnya mempunyai makna yang lebih dalam dari itu.

Setidaknya pada dua hal :
Pertama, ia merupakan pepatah, yang apabila diucapkan kepada orang-orang yang sedang bertengkar, akan mampu mendiamkan mereka. Bahkan mungkin berubah menjadi tertawa, yang berarti memulihkan kembali suasana damai dan kerukunan.

Kedua, mampu membangkitkan kembali semangat atau optimisme orang-orang yang sedang bingung, merasa kurang mampu menemukan jalan keluar atas suatu masalah yang dibayangkannya demikian besar dan rumit.

Ketika mendengar ucapan "segitu aja koq repot...", orang lalu berpikir sebetulnya masalahnya tidaklah begitu besar, sederhana, hanya perkara mudah. Asalkan orang yang bersangkutan tetap tenang, tidak kalut, percaya diri, serta mampu meyakinkan diri bahwa ia mestinya lebih besar dan dan atas dari pada masalah itu.

Dialah sebagai subyek yang memegang kekuasaan memikirkan, mempertimbangkan, memutuskan dan menetapkan dan melakukan tindakan penyelesaian atas masalah itu. Sedangkan masalah hanyalah obyek.

No comments:

Contact Form

Name

Email *

Message *