Friday, March 12, 2010

Hikmah Dari Pansus Bank Century (1)

Positifnya :
1. Merupakan suatu kemajuan karena untuk pertama kalinya sebuah Pansus DPR dapat berlangsung sampai menghasilkan keputusan final terlepas dari memuaskan atau tidak substansinya.

2. Dengan hasil ini menjadi pembelajaran dan peringatan bagi para pejabat publik khususnya para pengambil kebijakan di tingkat tinggi untuk lebih berhati-hati dalam mengambil keputusan.

3. Dengan Pansus ini banyak hal negatif yang selama ini tersembunyi dengan rapih dan tak dapat tersentuh karena para pelakunya berlindung dibalik hak imunitas atau "rahasia negara" dapat terungkap dengan jelas. Lebih lanjut lagi, kini dari kedua blok yang berbeda, mulai saling buka kartu. Mungkin ada yang hanya sekedar fitnah tapi juga mungkin ada yang benar. Biarlah proses hukum yang menyelesaikannya.

4. Dengan persidangan Pansus yang terbuka untuk umum dan ditayangkan langsung secara luas melalui media audio visual, rakyat Indonesia ikut mendapatkan pembelajaran mengenai ketatanegaraan kita.

5. Dari jalannya persidangan Pansus DPR ini rakyat selaku kontestant pemilu dapat menilai perilaku wakil-wakilnya di DPR, baik partainya maupun pribadi-pribadinya, sebagai masukan untuk pemilu yang akan datang. Mana Parpol dan anggota-anggota DPR yang benar-benar bekerja dengan sungguh-sungguh mementingkan negara dan bangsa yang dapat menjadi andalan sebagai pemimpin masa depan dan mana yang sama sekali tidak pantas untuk dipilih kembali dan bahkan kalau bisa perlu dituntut supaya di recall.

6. Ada pelajaran moral, bahwa tatkala seseorang diperhadapkan dengan kebenaran yang hakiki, ia akan mengikuti suara hati nuraninya. DPR sudah sejak lama dikritik sebagai gelanggang pertarungan antara kepentingan rakyat, kepentingan kelompok dan kepentingan pribadi. Anggota-anggota DPR banyak difasilitasi dengan berbagai "kesenangan", baik perumahan yang relatif mewah, kendaraan mewah dan berbagai tunjangan. Sebagai manusia, tentu akan merasa sayang bila fasilitas-fasilitas itu hilang. Tetapi nyatanya, dalam sidang terakhir pengambilan keputusan melalui voting, banyak juga anggota yang mau "berkorban" memilih menuruti suara hati nuraninya berlawanan dengan arahan pimpinan fraksinya.

Negatifnya :
1. Penyelenggaraan Pansus Bank Century ini telah banyak sekali menghabiskan aqnggaran dari uang rakyat yang seharusnya dapat dimanfaatkan untuk membangun sarana kesejahteraan rakyat dan perekonomian bangsa, seperti perlistrikan, sarana transportasi umum seperti kereta api, jalan dan jembatan, sekolah-sekolah dan kesehatan masyarakat.

2. Telah banyak sekali menguras waktu, tenaga dan energi para pejabat publik, termasuk parlemen yang seharusnya dapat dimanfaatkan untuk melaksanakan fungsi pokoknya.

3. Sampai pada semester pertama masa pemerintahan yang sekarang, DPR dan pimpinan pemerintahan masih saja berkutat pada urusan-urusan yang samasekali tak berkaitan dengan kesejahteraan rakyat dan pembangunan nasional. Beda sekali dengan pemerintah dan parlemen AS misalnya yang sejak awal, perdebatannya selalu fokus pada kepentingan kesejahteraan rakyat seperti penyediaan lapangan kerja, jaminan sosial, dan program kesehatan rakyat.

No comments:

Contact Form

Name

Email *

Message *