Monday, March 22, 2010

MENGHADAPI UJIAN NASIONAL

Banyak pelajar yang sedang dan akan mengikuti Ujian Nasional tahun ini nampaknya cemas takut tidak lulus. Tahun lalu di beberapa tempat ada yang sampai bunuh diri. Bahkan diberitakan, menjelang ujian nasional ini, belum-belum sudah ada yang gantung diri.

Ini semua adalah gelagat kurang percaya diri, tidak merasa siap, karena kurang menguasai materi-materi pelajaran sesuai yang telah diprogramkan. Entah karena malas belajar, kurang buku-buku pelajaran atau karena guru-guru yang kurang kapabel.

Disamping kurang percaya diri, perasaan pesimis dan cenderung lekas putus asa ini juga akibat melihat, seakan-akan kesempatan hanya ada pada tahun ini. Padahal kalau belum lulus dapat mengulang lagi tahun depan. Bahkan sekarang malahan ada ujian susulan berupa Paket C. Peluang ini dahulu tidak ada. Kalau tidak lulus, tak ada pilihan lain kecuali mengulang dan menunggu lagi sampai ujian tahun depan sambil belajar lebih keras. Jadi perlu kesabaran dan ketekunan.

Ada lagi yang merasa, seolah-olah hanya kelulusan di Unas, satu-satunya yang memberi masa depan yang baik. Padahal banyak orang yang sukses karena kreativitas meskipun hanya berpendidikan rendah. Sebaliknya sekarang banyak sarjana yang menganggur.

Jadi, bila ada yang belum berhasil tahun ini, biarlah tetap tegar dan berusaha. Mental harus kuat, bersemangat dan tidak melempem !. Lihat juga peluang lain yang mungkin belum anda sadari. Tokoh-tokoh Buya Hamla, Adam Malik, konon juga H.Agus Salim lebih banyak otodidak.

No comments:

Contact Form

Name

Email *

Message *