Saturday, March 27, 2010

BERKEBUN DALAM POT


Berkebun dalam pot dapat memberi banyak manfaat :


1. Sebagai sumber sayur-mayur, seperti bayam, sawi, terong, kacang panjang, bawang, cabe, sayur katuk, dll guna memenuhi gizi keluarga dengan menggunakan bahan-bahan murah, seperti sampah yang diolah menjadi kompos dan kaleng-kaleng atau ember bekas sebagai pot. Terutama pada rumah dengan lahan terbatas.
2. Sebagai apotik hidup, di mana dapat ditanam tanaman-tanaman obat seperti jahe, kunyit, jeruk nipis, kumis kucing, sirih, dll. Kunyit selain membuat hidangan lebih "indah", juga sebagai obat infensi luar/dalam tubuh, juga penambah darah. Kumis kucing obat kencing batu.
3. Sebagai hobi, pengisi waktu luang dan mengatasi kejenuhan, seperti para pensiunan dengan kegiatan-kegiatan yang produktif. Jangan ngelamun aje.
4. Untuk keindahan dan kenyamanan lingkungan. Dengan mengolah sampah menjadi kompos berarti menjaga kelestarian lingkungan dan dengan penanaman tanaman-tanaman hias dalam pot menjadikan lingkungan lebih indah.
5. Untuk penghematan. Dengan adanya sumber sayur-mayur sendiri, bahan bumbu-bumbu dan tanaman-tanaman obat sendiri, dapat menghemat pengeluaran belanja dapur.
6. Sebagai ekperiment atau uji coba dalam skala kecil. Setelah beroleh pengalaman praktis dan berhasil dapat dikembangkan menjadi usaha bisnis komersil.
7. Sarana pertemanan antar sesama peminat untuk bekerjasama dan tukar-menukar pengalaman untuk peningkatan pengetahuan.
8. Khusus untuk blog ini sangat diharapkan adanya komentar-komentar dan sumbangan pemikiran, khususnya dari mereka yang berpengalaman terutama para penyuluh pertanian.

No comments:

Contact Form

Name

Email *

Message *