Monday, March 22, 2010

SEKARANG BUKA-BUKAAN !

Efek domino dari hasil Pansus Bank Century yang lalu ternyata luar biasa. Sekarang di sana-sini saling buka-bukaan. Banyak koruptor masa lalu dan masa sekarang ketakutan. Partai-partai saling membuka nama-nama penerima suap di partai-partai seterunya. Khususnya menyangkut penyuap untuk meloloskan Miranda Gultom sebagai Deputi Gubernur BI. Hampir semua partai ternyata terlibat. PDIP, Golkar, Demokrat, PPP dstnya.

Sebagai rentetannya, beberapa partai nampak mulai melunak, mungkin supaya kader-kader korup itu tidak sampai diproses lebih lanjut. Beberapa tokoh PDIP secara aneh mulai putar haluan 180 derajat. Mau berkoalisi dengan partai pemerintah yang kini makin goyah. Padahal sebelumnya selalu ditentangnya dengan keras. Bisa jadi, partai oposisi inipun kalau jadi berkoalisi pada akhirnya akan ikut tenggelam bersama koalisinya pada tahun 1014.

Sebagai efek dominonya pula, banyak tokoh-tokoh yang mulai gerah melihat kenyataan menyedihkan itu lalu membentuk cikal bakal partai politik baru : Nasional Demokrat.

Di kalangan kepolisian juga kini mulai saling buka-bukaan. Para jendral kini saling membuka perilaku buruk masa lalu sesamanya menyangkut "makelas kasus". Yang sudah pensiun pun nampak cemas. Bahkan bongkar-membongkar itu sekarang sudah mulai merembet pula ke Kejaksaan Agung dengan divonisbebasnya Gayus Tambunan oleh Pengadilan dalam kasus penggelapan pajak dan pencucian uang. Menurut jaksa dan para hakim bukti kesalahan tidak ada. Ya, kalau tak serius dicari memang tak akan ada ! Komisi Yudisial perlu turun tangan.

No comments:

Contact Form

Name

Email *

Message *