Saturday, May 1, 2010

HARI PENGHAKIMAN SUDAH DEKAT ?

Akhir-akhir ini tanda-tanda akhir zaman sesuai yang diwartakan Injil makin banyak digenapi. Bukan saja tanda-tanda alam seperti gempa bumi, kerusakan muka bumi, longsor dan banjir. Terjadi hujan meteor. Ada yang menimpah rumah. Bahkan bumi ini terancam akan berbenturan dengan sebuah meteor raksasa dalam beberapa tahun mendatang yang akan memusnakan semua kehidupan di bumi.Manusia juga makin tawar hati.

Manusia menyerahkan anaknya, anak menyerahkan orangtuanya dan mutilasi manusia makin sering terjadi. Penindasan orang-orang miskin demi ketertiban, makin kerap berlangsung dengan menyayat hati.

Perbuatan korupsi seperti bukan lagi hal yang memalukan. Bila ketahuan dan tertangkap, masih bisa tertawa-tawa disorot televisi seperti anak kecil tanpa noda. Sang suami dan sang ayah tidak sungkan-sungkan menyuapi anak-istrinya dengan barang haram asal korupsi. Dan sang ibu serta anak-anak pun tak kalah sungkannya melahap barang haram itu, dan menjadikan diri sebagai tukang tadah hasil korupsi. Tak ada pemberontakan nurani dalam diri mereka !

Apalagi yang kini sedang digenapi ?
1. Apa yang dibisikan dalam kamar, akan diteriakkan di bubungan rumah ! Bukankah perbuatan-perbuatan korupsi yang banyak terungkap sekarang semuanya dirancang dan dilaksanakan secara rahasia ? Sekarang diteriakkan melalui antena radio, televisi, suratkabar, pengeras suara para demonstran.

2. Dengan mulutmu engkau dibenarkan dan dengan mulutmu pun engkau akan dihakimi ! Bukankah sekarang orang akan didukung bila ia menyatakan kebenaran dan sebaliknya dihakimi oleh karena ucapannya ?

3. Bila orang-orang dibungkam dalam menyatakan kebenaran, maka batu-batu ini akan meneriakannya ! Bukankah sering terjadi ketika penguasa cenderung untuk menghambat kebebasan menyatakan pendapat ada batu-batu lain, seperti massmedia, LSM atau parlemen mengungkapkannya.

4. Cinta akan uang akar segala kejahatan ! Mengapa orang korupsi ? Mengapa orang membobol ATM ? Merampok, menculik dan membunuh ? Mengapa orang mengarang kesaksian dusta atas sesamanya di pengadilan ? Mengapa orang nekat membuat pabrik sabu ? Bukankah semuanya berakar pada cinta akan uang ?

5. Dosa beranak cucu dosa-dosa. Contoh penggenapan. Untuk menutupi dosa korupsi, ketika diperiksa membuat dosa baru : berdusta bahkan sumpah palsu. Untuk menghilangkan saksi-saksi mungkin melakukan dosa penyuapan. Atau pembunuhan. Memang upah dosa ujung-ujungnya maut.

Orang-orang mungkin berkata : "semua perbuatan yang dikatakan "tercela" itu telah berulang-ulang kulakukan, dan saya baik-baik saja ? Sehat-sehat saja dan tak terjadi apa-apa ? Bahkan gemuk-gemuk ? ".Orang-orang di bumi yang teraniaya pun menggugat keadilan Tuhan. Bahkan roh-roh mereka yang terbunuh pun bertanya, "Kapan Tuhan membalaskan kematian kami ?"

Melalui Nabi Yehezkiel dan Rasul Petrus, datang jawaban."Karena TUHAN itu Maha Kasih, sesungguhnya Dia tidak menginginkan manusia itu binasa ! Yang diinginkan, ditunggu-tunggu dan diberi kesempatan adalah agar manusia-manusia itu bertobat. Bertobat dan bertobat dari kejahatannya. Mengapa manusia harus binasa ?

Jawaban lain datang melalui Rasul Yohanes dalam wahyu : "Tunggulah sedikit waktu lagi. Kejahatan mereka belum genap !". Jadi rupanya ada akumulasi dosa tertentu sebelum hukuman setimpal yang memang sangat mengerikan itu ditimpakan bagi setiap orang.

No comments:

Contact Form

Name

Email *

Message *