Thursday, May 20, 2010

PENCIPTA LAGU KRONCONG "BENGAWAN SOLO" BERPULANG !

Hari ini, Kamis 20 Mei 2010, jam 18.10, bertepatan dengan Hari Pendidikan Nasional Indonesia, Maestro Kroncong Tanah Air, Gesang meninggal dunia dalam usia 92 tahun di Solo.

Pencipta lagu Kroncong "Bengawan Solo" yang telah mendunia ini, menjelang akhir hayatnya sempat mengeluh lagu kebanggaannya ini telah diklaim oleh beberapa orang warga Belanda sebagai ciptaanya. Seluruh bangsa Indonesia khususnya Pemerintah patut memberikan penghargaan tinggi kepada tokoh berjasa ini, yang memperkenalkan buadaya Indonesia, melebihi kebanyakan diplomat kita.

Memang akhir-akhir ini banyak orang-orang asing yang tanpa malu-malu mau mempatenkan khasanah budaya Indonesia menjadi hak miliknya, kendati sejarah menunjukkan itu semua adalah budaya asli Indonesia. Yang paling bernafsu adalah Malaysia. Masakan tari Pendet Bali, Reog Ponorogo, batik, angklung, lagu Maluku Rasa Sayang E, mau dipatenkan sebagai miliknya. Alasannya, karena di sana banyak juga warga asal keturunan Indonesia.

Tapi kalau di Belanda ada juga yang melakukan hal sama sungguhlah aneh. Maka orang-orang asal Indonesia di Belanda, baik warga Indonesia maupun warga Belanda yang cinta Indonesia boleh cari tahu siapa "orang-orang aneh" ini dan apa alasannya.

No comments:

Contact Form

Name

Email *

Message *