Tuesday, May 29, 2018

Acara Bedah Rumah dan Uang Kaget Patut Diapresiasi


Acara Bedah Rumah dan Uang Kaget di Global TV (GTV) patutlah diapresiasi. Meski ditempelin iklan sponsor sekadarnya, namun tujuannya tetap saja fokus pada kerja nyata menolong rakyat miskin. Kerjanya nyata, hasil kerjanya nyata. Dan kebahagiaan dari keluarga-keluarga miskin yang menikmatinya juga nyata. Nampak secara spontan, tulus dan bukan dibuat-buat. Yang ikut merasakan bukan saja oleh anggota team yang melakukannya tetapi juga para tetangga dan pemirsa yang ikut menyaksikannya.
Bagaimana keluarga-keluarga miskin itu spontan sujud ke tanah, bersyukur kepada Tuhan Yang Mahaesa. Merangkul anggota tim, sambil meraba-raba semua benda, rumah, perabot dan lain-lainnya   yang tak pernah terpikirkan akan mereka raih.
Dari rumah yang dahulu reyot, bocor diwaktu hujan, hampi-hampir rubuh, kini jadi baru, rapih bersih seperti rumah-rumah di kompleks perumahan. Mereka menatapnya seperti kurang percaya apa yang disaksikan. Mereka meraba-raba dan ternyata memang nyata, bukan mimpi. Dan ketika mereka disuruh merasakan nikmatnya duduk di sowa, berbaring di tempat tidur serta merasakan nikmatnya diatas barang-barang mewah menurut ukuran mereka, barulah mereka yakin. Mereka juga membayangkan pasti akan ada kehidupan yang akan lebih cerah di depan.
Bukan saja kenikmatan baru yang dibagikan. Diberikan juga modal untuk menyambung dan meningkatkan kwalitas mata pencaharian ke depan. Misalnya membuka warung sembako, berjualan makanan dsbnya. Untuk itu mereka dibelikan kompor listrik, kulkas kecil, sepeda, gerobak untuk jualan dan peralatan lainnya. Bahkan terkadang diberi lagi sejumlah uang untuk modal awal.
Bukan saja anggota keluarga yang merasa berbahagia oleh program ini. Para anggota tim juga nampaknya ikut menikmati kebahagiaan  keluarga miskin yang baru saja mereka bantu.
Apa yang mereka perbuat ini tentunya akan menjadi kesaksian bagi mereka pada pengadilan di akhirat nanti. Tidak perlu harus menjawab terlalu banyak pertanyaan untuk bisa lolos masuk surga.
Melihat efektivitas program ini, rasanya Pemerintah, Pusat maupun Daerah sepatutnya ikut memberikan dukungannya. Baik bantuan dana ataupun ikut mengembangkannya sampai ke daerah-daerah. Terutama di daerah-aerah yang dianggap masih tertinggal.
Dengan demikian keluarga-keluarga termiskin di manapun mereka berada  diharapkan dapat terlacak oleh program ini lalu diangkat tingkat kesejahteraan mereka.
Mudah-mudahan acara ini akan ditonton pula oleh para koruptor atau calon koruptor sehingga mereka menyadari betapa uang negara sebanyak yang mereka tilep  sebenarnya akan dapat digunakan untuk mengangkat harkat hidup banyak kaum miskin.
Bayangkan seorang anggota DPR disebut-sebut menerima suap 1 juta dollar AS. Kalau dikurs 14.000 rupiah saja, maka menghitung jumlah nolnya saja harus cermat. Rp 14000000000 ! Berapa rumah keluarga miskin bisa dibedah dengan uang sebanyak itu.  Dan ini baru satu koruptor. (Sam Lapoliwa, mantan Asdir Yayasan Tanggul Bencana-PGI)***


No comments:

Contact Form

Name

Email *

Message *