Friday, May 18, 2018

PENULIS (5.6)

PENULIS

Saminasa ( Sam ) Lapoliwa lahir di Ulu’anso, Morowali, Sulawesi Tengah  tahun 1944. Lulus Sekolah Rendah GKST Beteleme tahun 1959, SMP Negeri II Poso tahun 1961 dan SMA Negeri Poso Bagian B/Pasti Alam tahun  1964. Sempat kuliah di Fakultas Farmasi Universitas Pancasila dan Perguruan Tinggi Publisistik Jakarta tetapi tidak selesai. Menyelesaikan pendidikan  sarjana pada Fakultas Ilmu Sosial dan Politik Universitas Terbuka Jakarta Jurusan Administrasi Negara, selesai tahun 1992.
Sambil kuliah, bekerja di berbagai suratkabar, diantaranya Harian Kami,  Harian Empat Lima dan menjadi kontributor Majalah  Tempo, Widyapura, Kotapraja,  Oikoumene-PGI, Media Jaya dan Cinta Ibukota. Karena seringnya terjadi pemberangusan media masa oleh penguasa sampai tahun 90-an, terpaksa beralih profesi ke PT. Enam-Enam sebagai Manager  Sixty Six Advertising. Tahun 1982 kembali ke bidang pers , terakhir sebagai Pemimpin Perusahaan pada koran Berita Minggu & Film.
Tahun 1983 menjadi pegawai Departemen  Dalam Negeri dan dipekerjakan  di Inspektorat Wilayah Propinsi DKI Jakarta  sampai pensiun tahun 2000. Terakhir sebagai  petugas Auditor Bidang Sosial Politik dan Aparatur di Inspektorat Wilayah Kotamadya Jakarta Pusat.
Di bidang organisasi, terakhir sebagai Sekretaris Korps Pegawai Republik Indonesia (KORPRI) Sub Unit Itwilkodya Jakarta Pusat. Di lingkungan gerejani, sebagai Presbyter GPIB Marturia Jakarta kemudian di GPIB Zebaoth Bogor.




No comments:

Contact Form

Name

Email *

Message *